21.10.10

Mahasiswa FEUI Raih 2nd Runner Up 8th Economix International Competition

 Mahasiswa FEUI kembali mengukir prestasi di kancah internasional dengan menjadi juara di ajang 8th Economix International Competition. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Kanopi FEUI ini diikuti lebih dari 40 mahasiswa dari universitas-universitas dalam dan luar negeri. Dalam lomba bertaraf internasional tersebut, Budiono (FE/Ilmu Ekonomi/2008) dan Lutfi Iramsyah (FE/Akuntansi/2008) berhasil meraih gelar "2nd Runner Up" dan berhak mendapat hadiah senilai US$ 400.
Dalam penyelenggaraannya tahun ini, 8th Economix International Competition mengusung tema "Merging Southeast Asia and Chinese Economies: Facing the Challenges and Opportunities of Free Trade". Kompetisi ini diawali dengan elimination round (call for paper). Di babak ini, tiap-tiap delegasi kompetisi diharuskan mengirimkan karya tulis bertemakan "Influence of ACFTA towards Asia's Development". Setelah lolos dari babak ini, 15 tim berhak melaju ke babak head-to-head.
Dalam head-to-head round, masing-masing tim akan berhadapan langsung dengan lima orang adjudicators. Masing-masing adjudicators diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar ACFTA dan perdagangan internasional kepada tiap-tiap tim secara terpisah. Selepas babak ini, nilai yang diperoleh dari elimination round dan head-to-head round diakumulasikan. Lima tim dengan nilai tertinggi berhak melaju ke babak final. Budiono dan Lutfi Iramsyah menjadi satu-satunya tim dari Universitas Indonesia yang berhasil menjadi finalis, sementara finalis lainnya berasal dari Universitas Gadjah Mada, University of Philipinnes Miagao, dan dua tim dari De La Salle University.
Babak final digelar pada hari Kamis, 7 Oktober 2010. Masing-masing finalis mendapat satu kasus ekonomi politik terkait implementasi ACFTA untuk dipecahkan. Kemudian mereka diberi waktu selama tiga jam untuk mempersiapkan jawaban yang akan dipresentasikan di depan para juri. Setelah itu, masing-masing finalis mempresentasikan jawaban mereka dihadapan dewan juri selama 10 menit yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 10 menit. Presentasi final ini diadakan di Ruang Gas Negara, Departemen Ilmu Ekonomi, FEUI.
Nama-nama pemenang diumumkan pada acara Farewell Dinner 8th Economix yang bertempat di Balai Agung DKI Jakarta (Jumat, 8/10/10). Tanpa diduga, Budiono dan Lutfi Iramsyah berhasil meraih "2nd Runner Up", sedangkan gelar "Winner" dan "1st Runner Up" direbut tim dari De La Salle University. Mereka adalah Camille Angela Marie Almario Aquino - Katrina Estrada (Winner) dan Serrano, Denise jannah Dy - Joe Rigodon  (1st Runner Up). Ketiga pemenang berhak membawa pulang total hadiah senilai US$ 2000.

No comments:

Post a Comment