1.6.12

Dialektama


Pada tanggal 10 Mei 2012, Kanopi FEUI mengadakan acara Dialektama (Dialog Ekonomi Taman Makara). Dialektama adalah acara rutin yang merupakan proker dari Divisi Kajian Kanopi. Dialektama kali ini menghadirkan Rolan M. Dahlan, perwakilan dari Bandung Fe Institute, dan Elsa Ryan, Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEUI angkatan 2009. Mengangkat tema Econophysics: Different Approach Toward Economy, Dialektama mencoba untuk menjelaskan pendekatan baru ekonomi menggunakan ilmu fisika.


Tepat Pukul 14.00 WIB di Ruang Tritura Gedung B FEUI acara dibuka oleh Nathaniel Rayestu, Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEUI angkatan 2009 selaku moderator. Sesi Pertama diisi oleh penjelasan dari Elsa Ryan, bagaimana Fisika dapat berpengaruh dalam teori ekonomi. Dijelaskan juga bahwa hal ini adalah fakta yang sangat menarik untuk di bahas. Melihat perkembangan teori ekonomi yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang.

Sesi kedua dilanjutkan Oleh Rolan M. Dahlan, melanjutkan dari penjelasan pembicara sebelumnya. Rolan juga menjelaskan bahwa interaksi antara ekonomi dan fisika sudah terjalin sejak lama. Para pendiri ekonomi neoklasik, pada abad 19, berinteraksi dengan kuat dengan sejumlah tokoh fisika. Banyak istilah dari mekanika yang menyerupai istilah di teori ekonomi. Selain itu Rolan juga menjelaskan konsep ekuilibrium pada ekonofisika.

Setelah sesi penjelasan dari pembicara, selanjutnya diadakan sesi tanya jawab kepada para peserta seminar, peserta terlihat antusias memberi pertanyaan tentang konsep Ekonofisika, banyak dari mereka yang menyatakan bahwa pendekatan ini sangat menarik, banyak ilmu baru yang mereka dapat tentang hubungan ekonomi dan fisika, meskipun materi yang disampaikan cukup berat.

Setelah semua materi telah disampaikan oleh pembicara, pada pukul 16.00 acarapun selesai dan ditutup dengan pemberian plakat kepada pembicara sebagai tanda terima kasih. Diharapkan dengan Dialektama wawasan tentang ekonomi tidak sebatas dilingkup teori ekonomi saja, tetapi bisa mencakup di ilmu-ilmu modern.





No comments:

Post a Comment