1.3.10

Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEUI Menjadi Juara LKTI Entity di Unhas, Makassar



Pada tanggal 23 Februari 2010 lalu, tiga orang perwakilan dari Kanopi FEUI 2010 , Dandy Rafitrandi (Dandy) IE'08, Suhaimi Ibnu Hajar (Emi) IE'08; dan Agustina (Tina) IE'08, terbang menuju Makassar untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah yang bernama ENTITY (Economics Event of Solidarity) 2010. Acara ini merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HIMAJIE) Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Rangkain acara dari Entity ini cukup padat mulai dari lomba karya tulis ilmiah tingkat mahasiswa, lomba gagasan tertulis tingkat SMA, seminar, dan berbagai acara hiburan lainnya. Acara ini bersinergi pada satu tema yaitu “Peranan Indonesia Dalam Komunitas Ekonomi Global’’.

Ketiga sahabat Kanopi FEUI ini mulai menapakkan kakinya di Makassar pada hari selasa pagi. Kemudian mereka digiring ke BPM (Badan Pengembangan Masyarakat) oleh panitia. Setelah itu, mereka berwisata ke Trans Studio untuk menikmati Disney World Indoor yang ada disana. Setelah puas bersenang-senang, malam harinya mereka mengikuti kegiatan Technical Meeting untuk acara keesokan harinya.

Keesokan harinya di hari Rabu tanggal 24 februari 2010, babak penyisihan berlangsung. Setelah melalui tahap penyeleksian berupa LKTI , terpilihlah 11 tim dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia. Pada babak babak penysisihan ini 10 tim (1 didiskualifikasi karena terlambat mengumpulkan essay) mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah mereka di depan juri.

Tim dari Universitas Indonesia ini mengambil tema “Preparing Indonesia to Face Challenges of Free Movement of Labor in Asia” untuk karya tulis ilmiah mereka. Mengapa temanya bahasa inggris? Tidak ada maksud untuk mengeksklusifkan diri. Hanya saja ketiga teman kita ini banyak mendapatkan literatur bahasa Inggris, sehingga akan lebih baik jika menggunakan bahasa Inggris dibandingkan harus merubah ke bahasa Indonesia dan pengertiannya menjadi salah. Namun, untuk presentasi, demi menjaga keabsahan peniliaian juri, tim dari Kanopi ini tetap mempergunakan bahasa Indonesia.

Tidak disangka-sangka, tim dari Universitas Indonesia ini berhasil menjadi 3 besar dalam babak penyisihan dan melanjutkan perjuangan mereka ke babak Final. Pada babak Final ini yang di bahas sama seperti sebelumnya, hanya saja lebih mendalam dan tim dandy, tina, dan Emi lebih membawa tema mereka ke arah policy recommendation. Di babak Final ini mereka mendapatkan giliran pertama.

Namun, sangat disayangkan, karena padatnya jadwal perkuliahan, tim dari Universitas Indonesia ini harus segera kembali ke Depok setelah mengikuti kedua rangkaian acara ini. Padahal masih banyak rangkaian acara menarik lainnya seperti mengikuti Seminar, mengunjungi Graha Pena, air terjun, dan Trans Studio untuk kedua kalinya.
Pada hari Kamis, 25 Februari 2010, diumumkanlah pemenang LKTI Entity ini. Tim Dandy, Tina, dan Emi berhasil merebut urutan ke-2. Dimana urutan pertama dan uruta ketiga direbut tim dari IPB (Institut Pertanian Bogor). Mereka mengetahui pengemuman tersebut ketiga sudah berada di Jakarta sehingga tidak mengikuti acara penyerahan hadiah. Namun, penyerahan hadiah hanya bersifat simbolis yang terpenting adalah jerih payah mereka terbayar dengan memenangkan lomba ini.

Pasti penasaran kan bagaimana kesan dan pesan mereka selama mengikuti lomba tersebut. Tim Penerbitan dan Informasi (PIN) Kanopi 2010 telah mewawancarai mereka. Gimana ya hasil wawancara? Mari kita lihat bersama!!



Gimana sih kesan dan pesan kalian menjadi Juara 2?
Alhamdulilah banget, ini kan pertama kalinya ikut lomba karya tulis ilmiah. alhamdulilah menang dapet juara 2 pula, padahal dapet tiga besar pun kita bingung. Udah gitu tampil pertama lagi pas final.
Gimana kesan dan Pesan kalian tentang Entity?
Lumayan bagus. Pegentahuan baru bagi kita ke bagian timur, ketemu universitas-universitas yang kita pikir emang ada universitas kayak gitu?? oh dan ternyata ada. Kita juga mensosialisasikan apa itu Kanopi FEUI dan masih banyak dari mereka yang ga tau apa itu kanopi.
Kesan pesan buat yang kedepannya pengen ikutan Entity?
Harus ada improvement. Kita harus jadi juara 1 tahun depan, kalo bisa langsung masukin 3 dari UI dan rebut 3-3 nya dari UI, hehe



Gimana sih kesan dan pesan kalian menjadi Juara 2?
Terkesan, dengan panitia yang sedikit mereka bisa menghasilkan acara yang maksimal. Salut!
Gimana kesan dan Pesan kalian tentang Entity?
Lebih di-prepare lagi, kemarin kita kurang prepare. Persiapannya ga cuma dari segi makalah, tetapi juga harus mikirin presentasinya gimana? Lebih di tekenin semua preparation. Terus sering-sering kontek-kontekan sama panitia mengenai jadwal
Kesan pesan buat yang kedepannya pengen ikutan Entity?
Bersyukur, puji Tuhan jadi juara 2. Cuma ga nyangka kita bisa lolos sampe final, itu diluar ekspektasi, tapi yang penting ini hasil kerja keras bareng



Gimana sih kesan dan pesan kalian menjadi Juara 2?
Karena sebenarnya kita bertiga masih bener-bener pemula, jadi bersyukur banget bisa jadi juara 2.
Gimana kesan dan Pesan kalian tentang Entity?
Alhamdulilah bisa pulang ke kampung halaman sendiri
Kesan pesan buat yang kedepannya pengen ikutan Entity?
Pertama siapin dana, terus latihan presentasi terutama timing supaya ga banyak di-cut. Luangin waktu buat perdalam konsep, nothing to lose kok!

2 comments:

  1. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
    nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    twitter : @profiluii

    ReplyDelete