26.3.10

Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEUI mengikuti The 9th Young Economists’ Convention di De La Salle UNiversity Manila, Filipina



Pada tanggal 4 Maret 2010 lalu, dua orang perwakilan Kanopi FEUI 2010, Doris Martugiana Simarmata (Doro) IE08 dan Michelle Andrina(Michel) IE ’08, ditambah dengan mahasiswi Ilmu ekonomi FEUI Laura Grace Gabriela Manurung(Laura ) IE ’08 berangkat ke Manila, Filipina dalam rangka mengikuti The 9th Young Economists’ Convention yang mengangkat tema ‘Recovery, Development and Social Market Economy’ yang di selenggarakan oleh Universitas De La Salle Filipina.


Hari pertama mereka menginjakan kaki di Filipina jam 6 pagi mereka langsung mengikuti International Conference yaitu kompetisi paper yang mengangkat tema ‘the Economic Implications of Adapting to and Mitigating Climate Change in Southeast Asian’ yang diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari luar Filipina. Conference ini diikuti oleh 5 tim finalis essay writing contest yang akan mempresentasikan essay mereka, 5 tim tersebut terdiri dari 3 tim dari Universitas Indonesia, satu tim dari Universitas Katolik Parahyangan dan satu tim dari Universitas Malaya, Malaysia. Tim Doro, Michel, dan Laura mengambil tema facing the threat of climate refugees untuk paper dan presentasi mereka.



Keesokan harinya tepanya tanggal 5 dan 6 Maret 2010 diadakan Main event The 9th Young Economists’ Convention yang diikuti seluruh mahasiswa ekonomi di Filipina dan peserta International conference yang berbentuk diskusi panel. Pada tanggal 5 ini lebih mengangkat kepada tema “Social Market Economy” dan pada hari keduanya yaitu tanggal 6 maret lebih mengangkat kepada harapan dan saran serta rekomendasi kepada pemerintah Fiipina dalam rangka mewujudkan program 100 hari pemerintahan. Karena berhubung dengan pemilihan umum di Filipina yang baru-baru ini diadakan. Dan pada sore harinya yang ditunggu –tunggu adalah pengumuman pemenang kompetisi paper. Sayangnya perwakilan dari kanopi yaitu Doro dan Michel belum beruntung untuk memenangkannya, tetapi perwakilan dari FEUI juga yaitu Muchdlir Zauhariy, Pradita Astarina, Putera Satria Sambijantoro.


Gimana kesan dan Pesan kalian tentang The 9th Young Economists’ Convention?

Doro & Michel : “Persahabatan dan kekerabatan yang ditawarkan tuh berasa bgt ! dan menambah jaringan UI khususnya dalam hal ini kita mendapatkan official partner yaitu Malaysia dan Filipina, jadi meningkatkan kerjasama. Dan kita juga mendapatkan pengalaman yang berharga tentang bagaimana caranya


Pesan-pesan buat yang kedepannya pengen ikutan The 9th Young Economists’ Convention?

Michel :“ Jangan takut untuk kompetisi, selalu ada saat pertama unutk memulai.”

Doro : “Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu hal yang baru, meskipun banyak keterbatasan, jangan ada kata tidak bisa,”

Doro & Michel : “sering –sering dating ke kanopi, sering- sering ngumpul bareng anak Hublu, dan sering –sering cari tahu di Hublu Shares!!”

No comments:

Post a Comment