14.4.10

MEC-D Pertama Divisi Kajian: Underground Economy dan Sektor Informal di Indonesia


Sebagai organisasi yang mengedepankan kompetensi di bidang kajian, Kanopi FEUI secara rutin menyelenggarakan Monthly Economic Discussion atau disingkat MEC-D. Acara diskusi ini menjadi tanggung jawab Divisi Kajian dan menjadi salah satu program kerja mereka selama satu tahun kepengurusan. Acara ini wajib diikuti perwakilan pengurus dari tiap-tiap divisi/biro sehingga setiap pengurus mendapatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan mengkaji mereka.

Rabu, 14 April 2010 bertempat di Ruang Kanopi telah diselenggarakan MEC-D pertama di tahun 2010 dengan mengangkat tema “Underground Economy dan Sektor Informal di Indonesia”. Acara yang berlangsung sejak pukul 17.00 WIB itu dimulai dengan presentasi materi oleh Wakil Kepala Divisi kajian, Agustina (IE’08). Setelah itu, tiap-tiap peserta dibagi menjadi tiga grup untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD). MEC-D di kepengurusan tahun ini memang agak berbeda karena tidak lagi menerapkan sistem diskusi terbuka. Penggunaan sistem FGD bertujuan agar diskusi tidak hanya didominasi beberapa peserta, sedangkan peserta lain tidak mendapatkan kesempatan untuk bicara dan hanya menjadi penonton.

Tiap-tiap focus group dipandu oleh moderator dari Divisi Kajian dan notulen dari Divisi PSDM. Moderator secara bergiliran menanyakan tiga pertanyaan pemicu terkait tema yang diangkat, yaitu mengapa sektor informal banyak jumlahnya di Indonesia, apa dampak negatif dan positif dari berkembangnya sektor informal, dan apa yang seharusnya dilakukan terhadap sektor informal tersebut. Diskusi pun lebih diarahkan ke permasalahan sektor informal di Indonesia, mengingat luasnya cakupan materi jika harus membahas underground economy.

Setelah masing-masing grup berhasil merumuskan kesimpulan dari tiap pertanyaan yang kemudian dicatat oleh notulen, sesi presentasi kelompok pun dimulai. Kelompok satu diwakili Rendra Sebastian Delano (Staf Biro PIN), kelompok dua diwakili Dessy Minarni Bonita (Staf Biro Dana), dan kelompok tiga diwakili Friska Magdalena Panjaitan (Staf Divisi PSDM). Mereka memaparkan kesimpulan diskusi dari masing-masing kelompok. Dengan berakhirnya presentasi dari kelompok tiga, berakhir pula MEC-D pertama ini. Divisi Kajian pun akan secepatnya menyusun output diskusi ini dengan bantuan Divisi PSDM.

(Budiono)

Credit photo: http://revolusibudaya.files.wordpress.com/2007/04/mie_ayam.jpg

No comments:

Post a Comment