21.6.10

Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEUI Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah NEts 2010 Himesbang Unsoed, Purwokerto


Pada tanggal 11 Juni 2010 lalu, diumumkan siapa saja para finalis LKTI NEts 2010 yang berkesempatan mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah mereka di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Lomba Karya Tulis Ilmiah NEts (National Economics Events) 2010 ini mengusung tema ”Menjadikan Indonesia Surga Investasi : Babak Baru Memasuki Regional Free Trade Area (R-FTA)”. Dari 14 tim yang berasal dari Fakultas Ekonomi berbagai Universitas di Pulau Jawa, terpilih 5 tim sebagai finalis LKTI NEts 2010. Adapun kelima tim tersebut adalah 3 tim dari FEUI, 1 tim dari FEB UGM, dan 1 tim dari FE Unair. Namun, dikarenakan jadwal presentasi yang bentrok dengan Ujian Akhir Semester, finalis dari Universitas Gajah Mada mengundurkan diri. Sehingga, finalis yang mempresentasikan KTI nya pada tanggal 14 Juni 2010 di Purwokerto hanya berjumlah 4 tim.
Setelah menempuh perjalanan panjang dari Depok menuju Purwokerto menggunakan kereta, akhirnya finalis dari FEUI tiba pada 13 Juni 2010. Kedatangan tim FEUI disambut hangat oleh panitia NEts 2010. Awalnya tim dari FEUI diajak bersilaturahmi ke sekretariat Himesbang FE Unsoed. Himesbang FE Unsoed merupakan himpunan mahasiswa ekonomi studi pembangunan FE Unsoed dan NEts 2010 ini merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah naungannya. Setelah bersilaturahmi, tim FEUI pun dipersilahkan mengistirahatkan diri di Hotel Anggrek (penginapan yang telah disediakan panitia).
Malam harinya, setelah seluruh finalis tiba di Purwokerto, acara pun dimulai. Pukul 08.30, kegiatan yang dilakukan adalah sharing dengan Himesbang FE Unsoed, dilanjutkan dengan Technical Meeting untuk presentasi karya tulis keesokan harinya. Pada Technical Meeting ini, selain dijelaskan mengenai teknis presentasi, juga dijelaskan mengenai keadaan finalis dari UGM serta diberitahukan terdapat delegasi non-LKTI yang turut menghadiri rangkaian acara NEts 2010 yaitu sebanyak 6 orang dari UPN Veteran Yogyakarta.
Keesokan harinya, presentasi pun dimulai pada pukul 9 pagi, dengan ketentuan 15 menit presentasi dan 15 menit tanya jawab. Sesuai urutan yang telah diundi pada Technical Meeting, para finalis mepresentasikan karya tulis nya di depan 3 juri yang merupakan dosen-dosen FE Unsoed, secara bergantian. Sekitar pukul 10.30, ditengah presentasi kedua yaitu dari tim Unair, aliran listrik terputus. Sempat terjadi kepanikan khususnya dari tim presenter, namun dapat segera ditangani dengan sigap oleh panitia. Setelah itu, dengan tanggap panitia segera memindahkan ruangan acara ke Gedung Roedhiro yang memiliki fasilitas genset. Setelah melakukan berbagai persiapan, acara pun dapat dilanjutkan kembali pada pukul 11.30. Acara dapat terselesaikan pukul 12.30 dan ditutup dengan penyerahan plakat kepada dewan juri.
Setelah melalui proses presentasi yang menegangkan, seluruh delegasi diajak berwisata ke objek wisata Baturraden yang hanya berjarak sekitar 15 menit dari kampus Universitas Jenderal Soedirman. Di kaki gunung selamet ini, terdapat pancuran air hangat, pemandangannya pun sangat asri dan udara juga sejuk. Menjelang maghrib, delegasi pun diperkenankan untuk kembali ke penginapan agar dapat beristirahat.
Keesokan harinya, 15 Juni 2010, rangkaian acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional. Seminar ini berlangsung dari pukul 09.00-13.00 WIB dan diakhiri dengan pengumuman pemenang LKTI NEts 2010. Terpilihlah Rully Prasetya (Akuntansi FEUI ’07) sebagai juara 1 dengan judul KTI “Perubahan Struktur Capital Inflow Indonesia menjadi Foreign Direct Investment Inflow Dominated melalui Penerapan Capital Control Policy: Sebuah Gagasan Pemikiran“, kemudian terpilih pula tim FEUI yang terdiri dari Minda Putri Dwinanda (Ilmu Ekonomi FEUI ’08), Widi Laras Sari (Ilmu Ekonomi FEUI ’08), dan Michelle Andrina (Ilmu Ekonomi FEUI ’08) dengan judul KTI “Peluang dan Tantangan Investasi Sovereign Wealth Fund setelah Memasuki ASEAN Free Trade Area: Studi Kasus antara Singapura dengan Industri Perbankan serta Telekomunikasi di Indonesiasebagai juara 2, dan sebagai juara 3 lagi-lagi tim FEUI yang terdiri dari Dwinda Andaninggar (Ilmu Ekonomi FEUI ’07), Suhaimi Ibnu Hajar (Ilmu Ekonomi FEUI ’08), dan Direta Wonahausi (Ilmu Ekonomi FEUI ’07) dengan judul KTI “Kebijakan Strategis dalam Menangkap Peluang Penanaman Modal Asing di Sektor Pertanian Indonesia“. Sungguh prestasi yang luar biasa, seluruh juara LKTI NEts 2010 ini direbut oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Dengan pengumuman pemenang ini, berakhirlah seluruh rangkaian acara NEts 2010. Delegasi pun dapat kembali ke rumah masing-masing dan tentunya dengan kebanggaan tersendiri atas ilmu, pengalaman dan prestasi yang telah mereka dapatkan.
Dari seluruh delegasi FEUI yang mengikuti seluruh rangkaian acara NEts 2010, terdapat 4 orang diantaranya yang merupakan pengurus aktif Kanopi FEUI 2010. Penasaran bagaimana kesan dan pesan mereka setelah mengikuti rangkaian acara NEts 2010. Berikut hasil wawancara biro Penerbitan dan Informasi (PIN) Kanopi FEUI kepada keempat pengurus aktif Kanopi tesebut.
Michelle Andrina (Ilmu Ekonomi FEUI ’08)
 IMG_1487 Bagaimana kesan dan pesan menjadi juara 2?
Seneng banget, akhirnya bias mencetak prestasi dan setidaknya gak defisit-defisit banget. Pesannya jangan jumawa (sombong) dan jadikan kemenangan ini sebagai dasar untuk kemenangan-kemenangan berikutnya.
Bagaimana kesan dan pesan terhadap NEts 2010?
Secara umum saya senang karena dapat pengalaman dan banyak teman baru. Hanya saja, mungkin dari segi koordinasi intern panitianya masih kurang tertata dengan baik. Hal ini berakibat pada ngaretnya beberapa acara dan cukup menyebabkan ketidaknyamanan pada delegasi.
Apa saran kedepannya bagi yang ingin mengikuti LKTI ini?
Saran saya, perhatikan setiap ketentuan dengan baik, fokus pada solusi nyata yang dapat ditawarkan, dan persiapkan presentasinya agar tidak kelebihan waktu.
Minda Putri Dwinanda (Ilmu Ekonomi FEUI ’08)
IMG_1659 Bagaimana kesan dan pesan menjadi juara 2?
Seneng banget, ga nyangka juga bisa jadi juara 2 padahal awalnya cuma iseng-seng ikut. Tapi, sedih juga soalnya di LKTI yang merupakan koor kompeten dari Ilmu Ekonomi, Juara 1 nya direbut akuntansi. Pesannya, ayo anak ilmu ekonomi kembangkan jiwa menulis kalian, pusing sih, tapi bermanfaat banget kok, rebut juara 1!! Juga untuk UI tolong dipermudah dalam segi mendapat sponsor pembiayaan dari universitas, karena sering kali mahasiswa terdisinsentif untuk mengikuti LKTI karena masalah birokrasi yang berbelit-belit dalam proses permintaan dana sponsor.
Bagaimana kesan dan pesan terhadap NEts 2010?
Seru, dapet pengalaman baru, ketemu orang-orang baru, berkunjung ke daerah baru dengan kultur yang berbeda, makanannya enak-enak, panitianya juga ramah-ramah. Cuma memang dari segi panitia masih terdapat beberapa kekurangan, tapi sebenarnya mereka sudah berusaha sebaik mungkin untuk memuaskan delegasi kok. Pesannya, NEts 2010 masih harus banyak belajar lagi untuk meningkatkan kualitas acaranya. Terus evaluasi dan perbaikan, semangat!!
Apa saran kedepannya bagi yang ingin mengikuti LKTI ini?
Dari awal harus disiapin dan diniatin, cari tim yang bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing, kerjakanlah dengan hati yang senang, teknis presentasi juga harus disiapin secara mateng, dan terakhir berdoa dan tawakal. =)
Dwinda Andaninggar (Ilmu Ekonomi FEUI ’07)
IMG_1502 Bagaimana kesan dan pesan menjadi juara 3?
Jadi juara 3 ini pengalaman yang berbeda dibandingkan yang lain karena perjuangannya terasa lebih berat, berada di peringkat terakhir (5 besar) membuat kami bertiga harus menyiapkan mental dan materi dengan lebih baik, karena kami mengoptimiskan diri harus menembus 3 besar. Dengan kerja keras dan dukungan banyak pihak akhirnya perjuangan kami terbayar. Juara 3 ini menjadi lebih indah karena kami memperjuangkannya dengan kerja keras dan niat yang tulus.
Bagaimana kesan dan pesan terhadap NEts 2010?
Acara berjalan dengan baik dan lancar, panitia terus terlihat memperbaiki diri (responsif) untuk memberikan servis terbaik untuk para delegasi dan juga untuk menjalankan acara ini dengan baik. Seminar pun cukup tertata dengan rapi dengan publikasi yang baik sehingga hampir seluruh kursi dipenuhi penonton. Selain itu, panitia berhasil mengundang pembicara yang OK pada seminar tersebut. Acara NEts harus diperbesar lingkupnya dan dengan publikasi lomba dan seminar yang lebih baik agar terdengar gaungnya. Selain itu, kesalahan pada teknis acara dan komunikasi antar panitia dan juga panitia dengan delegasi harus diperbaiki dengan profesionalisme yang baik. Jika faktor ini diperbaiki, diharapkan NEts mampu menjadi salah satu acara besar di lingkup mahasiswa IMEPI yang wajib didatangi setiap tahunnya.
Apa saran kedepannya bagi yang ingin mengikuti LKTI ini?
LKTI harus dibuat dengan komprehensif, teliti, dan maksimal. Proses dari mulai pemilihan tema dan penulisan LKTI-nya harus diatur dan disusun dengan baik serta disesuaikan dengan waktu yang ada (deadline). Persiapan presentasi juga tidak boleh dianggap remeh karena nilai kedua komponen (LKTI dan presentasi) akan diakumulasikan untuk mendapatkan yang terbaik. Sehingga segala keajaiban bisa terjadi dalam perlombaan ini. Tidak perlu takut ikut lomba karya tulis karena akan menyenangkan ketika kalian mau mencoba, lolos, dan usaha untuk menang + kenal teman baru! Semangat!
Direta Wonahausi (Ilmu Ekonomi FEUI ’07)
IMG_1548 Bagaimana kesan dan pesan menjadi juara 3?
Yang pasti bangga dan seneng banget karena ini pertama kalinya ikut LKTI dan juara, walaupun cuma jadi juara 3 tapi sudah cukup membanggakan, padahal awalnya ada di urutan kelima. Pokoknya bersyukur banget..
Bagaimana kesan dan pesan terhadap NEts 2010?
Acaranya bagus banget, panitianya ramah-ramah & baik-baik sampe gak tega delegasinya pergi sendiri, pelayanannya (akomodasi & makanan) juga OK. Cuma untuk masalah transportasi harus lebih dikoordinir supaya jelas pergi-perginya naik apa (naik apa aja sih gak masalah sebenernya yang penting jelas aja pengaturannya). Tapi secara keseluruhan sudah OK. Sukses terus buat NEts!!!
Apa saran kedepannya bagi yang ingin mengikuti LKTI ini?
Pertama, jangan mepet deadline ngerjainnya, jadi bisa lebih maksimal hasil karya tulisnya. Kedua, banyak-banyak cari data dan jurnal yang mendukung tema karya tulis yang ingin dibuat karena dukungan dari keduanya itu sangat berguna untuk mendukung karya tulis yang bagus. Terakhir, banyak-banyak berdoa.
P6140223 P6140225

2 comments:

  1. Selamat kepada para pemenang LKTI NETS 2010!!
    Semoga sukses dan tingkatkan terus jiwa menulis kalian.
    Teruslah berprestasi !!

    ReplyDelete
  2. Anonymous8/7/10 13:51

    Selamat!!!

    ReplyDelete