24.7.10

Liputan Eksklusif Economics Gathering 2010 Kanopi FEUI


Biro Hubungan Luar Kanopi FEUI bekerja sama dengan Himiespa UGM telah sukses menyelenggarakan kegiatan bertajuk Economics Gathering 2010. Kegiatan yang diikuti organisasi-organisasi himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) ilmu ekonomi/studi pembangunan dari IMEPI Jawa bagian tengah ini berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 9-11 Juli 2010. Peserta Economics Gathering datang dari tujuh perguruan tinggi yang berbeda, yaitu Unsoed, UAJY, UKSW, Unnes, UMY,  UGM, dan UI.
Pada hari Jumat, 9 Juli 2010, rombongan peserta Economics Gathering 2010 tiba di Yogyakarta. Kemudian, mereka diberi kesempatan untuk melakukan wisata budaya di Keraton Yogyakarta. Setelah puas berwisata, para peserta Economics Gathering 2010 diberangkatkan menuju Kampus UGM untuk mengikuti kegiatan kuliah umum yang telah disiapkan oleh rekan-rekan Himiespa UGM. Sesampainya di sana, para peserta dikumpulkan dalam sebuah ruang kelas. Sebelum kuliah umum berlangsung, acara diisi dengan sesi perkenalan dan sambutan-sambutan dari Ketua Umum Kanopi FEUI dan Himiespa UGM. Tak berapa lama, kuliah umum pun dimulai. Kuliah umum ini diberikan oleh dosen UGM yaitu Rimawan Pradiptyo dengan tajuk “Do Corruption Pay?” yang berusaha mengkaji masalah korupsi di Indonesia dalam perspektif ekonomi. Para peserta nampak antusias dan serius mengikuti perkuliahan. Setelah kuliah umum selesai, Biro Internal Kanopi FEUI diberi kesempatan untuk mencairkan suasana melalui permainan-permainan ice breaking yang telah disiapkan. Suasana pun menjadi santai dan dipenuhi gelak tawa.
Sekitar pukul 17.45 WIB, para peserta Economics Gathering 2010 meninggalkan Kampus UGM menuju Malioboro. Mereka sampai di Malioboro pukul 18.15 WIB dan diberikan waktu bebas untuk berwisata belanja di sepanjang Jalan Malioboro yang tersohor itu. Pukul 21.00 WIB, para peserta berangkat menuju penginapan di Kaliurang. Sesampainya di Kaliurang, mereka nampak kelelahan setelah puas berbelanja. Namun, mereka belum diperbolehkan beristirahat malam itu karena Biro Hubungan Luar Kanopi FEUI dan Departemen Eksternal Himiespa UGM sudah menyiapkan acara jalan-jalan malam untuk semakin mengakrabkan para peserta Economics Gathering 2010. Setelah menaruh barang di kamar dan makan malam, para peserta dikumpulkan di sebuah aula dan dibentuk kelompok-kelompok terdiri dari tiga orang. Kelompok-kelompok tersebut diharuskan membuat yel-yel kelompok, kemudian mereka diberangkatkan satu-satu untuk melakukan jalan-jalan malam. Mereka diminta untuk berhenti di tiap-tiap pos yang ditemui untuk melakukan permainan atau sekedar menebak teka-teki. Walau cuaca malam itu diwarnai hujan rintik-rintik dan udara yang dingin, para peserta nampak bersemangat mengikuti semua permainan.
Keesokan harinya, Sabtu, 10 Juli 2010, kegiatan studi banding dilangsungkan. Masing-masing organisasi HMJ diberi kesempatan selama 10 menit untuk mempresentasikan profil mereka, dimulai dari visi-misi, struktur organisasi, sampai program kerja. Setelah itu, HMJ lain diberi kesempatan bertanya untuk mengetahui lebih banyak tentang HMJ yang dipresentasikan serta membandingkannya dengan apa yang sudah dijalankan di HMJ mereka. Para peserta antusias sekali menanyakan sisi-sisi unik yang mereka temui di HMJ-HMJ lain yang tidak mereka temui di HMJ mereka. Setelah semua HMJ telah mendapatkan kesempatan presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi iklan, pada sesi ini HMJ-HMJ diberi kesempatan untuk mempromosikan acara-acara besar mereka yang membutuhkan partisipasi dari rekan-rekan HMJ lain. Kegiatan studi banding ditutup dengan penyerahan penghargaan dan kenang-kenangan kepada HMJ-HMJ peserta Economics Gathering 2010, kemudian dilanjutkan dengan pemotretan bersama.
Malam harinya, pada pukul 19.00, Biro Hubungan Luar Kanopi FEUI menyiapkan kegiatan Economic Simulation. Dalam kegiatan ini, para peserta diminta untuk berdiskusi dan membuat sebuah alternatif kebijakan publik dalam pembangunan jalan tol. Agar simulasi ini mendekati realita, peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang diuntungkan dan dirugikan oleh pembangunan jalan tol tersebut. Ada kelompok pemerintah, kontraktor jalan tol, petani, LSM purbakala, aktivis lingkungan hidup dan masyarakat desa. Peserta tampak sangat antusias bernegosiasi untuk menghasilkan kebijakan yang menguntungkan kelompok mereka. Walaupun demikian, diskusi tetap berjalan lancar dan serius.
Menjelang tengah malam, para peserta kembali dikumpulkan di aula untuk mengikuti prosesi penutupan acara Economics Gathering yang sangat mengharukan. Masing-masing perwakilan HMJ pun diberi kesempatan untuk mengungkapkan kesan-kesan mereka terhadap acara Economics Gathering 2010 dan HMJ-HMJ lain. Sebagai acara pamungkas, tiap-tiap HMJ diminta untuk mempersembahkan sebuah penampilan untuk menghibur peserta lainnya.
Minggu pagi, 11 Juli 2010, sebelum pulang ke kota masing-masing, para peserta kembali berkumpul di untuk mengucapkan salam perpisahan dan sampai berjumpa lagi. Pada akhirnya, Economics Gathering 2010 pun telah meninggalkan kenangan dan kesan yang mendalam bagi seluruh pesertanya. Bukan hanya pengalaman yang didapatkan peserta, tapi juga wawasan dan pertemanan.

No comments:

Post a Comment