16.9.10

Liputan Diskusi Bulanan III “The Effect of AFTA, BFTA and ITRO to Trade-investment Relations in Southeast Asia : Case of Indonesia, Malaysia and Thailand”

clip_image002
Divisi PSDM Kanopi FEUI 2010 telah berhasil menyelenggarakan Diskusi Bulanan III. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 5 Juli 2010 dengan pembicara Kiki Verico. Beliau diminta mempresentasikan rancangan disertasinya yang bertajuk “The Effect of AFTA, BFTA, and ITRO to Trade Investment Relations in Southeast Asia Case of Indonesia, Malaysia, and Thailand”.

Dalam pembahasan mengenai penelitian beliau tersebut, dijelaskan bahwa kerjasama perdagangan bebas regional antarnegara dalam satu kawasan, seperti halnya ACFTA justru akan membawa dampak lebih baik ke setiap negara anggota ASEAN bila dibandingkan dengan kerjasama bilateral antarnegara anggota dengan China.

Lebih lanjut, beliau juga menjelaskan alasan mengapa hanya tiga negara ASEAN saja yang dijadikan objek penelitiannya. Alasannya, ketiga negara tersebut (Indonesia, Malaysia, dan Thailand) kondisi perekonomiannya paling setara dibanding yang lainnya. Terlebih lagi tiga negara tersebut tergabung dalam ITRO karena menjadi penghasil komoditi karet terbesar dan karet juga merupakan komoditi ekspor yang menguntungkan. Sebelumnya, dari sepuluh negara anggota ASEAN, dibagi menjadi dua kelompok, yaitu negara-negara pendiri, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina, serta negara-negara bukan pendiri seperti Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar. Dari negara-negara pendiri itu dikelompokkan lagi menjadi Singapura dan Filipina (karena perekonomiaannya yang dirasa sudah lebih maju), serta Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Pembahasan penelitian dengan tema yang disajikan dalam diskusi bulanan kali ini memang sangat menarik perhatian mahasiswa program studi ilmu ekonomi, khususnya yang sudah ataupun yang akan mengambil konsentrasi Ekonomi Internasional.

No comments:

Post a Comment