18.11.10

Selamat kepada Divisi Penelitian sebagai Pemenang OPINI 1

Sebagai organisasi yang memiliki core competence bidang kajian, Divisi Kajian Kanopi FEUI menyelenggarakan OPINI, sebuah kompetisi esai yang wajib diikuti divisi-divisi dan biro-biro. Kompetisi ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pengurus aktif Kanopi FEUI untuk menulis pemikiran kritis mengenai isu-isu ekonomi terkini.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, esai berjudul “Pemberdayaan Transportasi Laut dalam Mewujudkan Visi Indonesia 2030” telah mengantarkan Divisi Penelitian untuk menjadi juara OPINI 1. Esai ini membahas gambaran umum jasa angkutan laut di Indonesia pada umumnya. Lalu, melihat bagaimana peluang dan tantangan jasa angkutan laut Indonesia untuk mencapai targer Visi Indonesia 2030.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga memerlukan sarana angkutan laut untuk melakukan aktivitas perekonomian. Biaya angkutan laut di Indonesia terbilang mahal karena adanya inefisiensi dan keterbatasan infrastruktur. Suatu fakta menyebutkan bahwa 90% perdagangan dunia diangkut dengan transportasi laut dan bermuara di pelabuhan negara yang menjadi tujuan perdagangannya. Oleh karena itu, angkutan laut menjadi potensi perdagangan jasa yang menguntungkan bagi Indonesia dan menjadi salah satu unsur yang dapat mempengaruhi keberhasilan Visi Indonesia 2030.

Seluruh jajaran pengurus Kanopi FEUI pun mengucapkan selamat kepada Divisi Penelitian yang telah berhasil menjadi juara OPINI. Semoga biro dan divisi lain dapat mengikuti jejak Divisi Penelitian untuk memenangkan kompetisi OPINI berikutnya. Rencananya, OPINI akan diselenggarakan sebanyak dua kali dalam satu periode kepengurusan. OPINI 2 mengambil tema “High Cost Economy di Indonesia”.

No comments:

Post a Comment