22.12.10

Kanopi’s Training Programs - Penelitian: Belajar Jadi Peneliti Masa Depan

Dalam rangka mengembangkan minat dan bakat mahasiswa S1 Ilmu Ekonomi FEUI dalam bidang penelitian ilmiah, Divisi PSDM Kanopi FEUI menyelenggarakan Kanopi’s Training Program (KTP) - Penelitian. Training yang dibagi menjadi dua sesi ini dilaksanakan Jumat, 26 November 2010 bertempat di Ruang Suntoro Isman dan Ruang Gas Negara, Departemen Ilmu Ekonomi, FEUI.

Sesi pertama diisi oleh Chotib, M.Si. sebagai pembicara dan diselenggarakan di Ruang Suntoro Isman. Pada sesi pertama ini, para peserta diterangkan bagaimana cara membuat proposal penelitian yang baik dan benar.

Setelah rehat makan siang dan salat Jumat, KTP dilanjutkan kembali dengan bertempat di Ruang Gas Negara. Kali ini, peserta dibagi menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok mempunyai dua mentor yang membantu mengarahkan peserta untuk mempersiapkan presentasi karya penelitian mereka. Setiap kelompok membahas tema berbeda yang diambil dari tujuh konsentrasi pada Program Studi S1 Ilmu Ekonomi. Setelah itu, peserta melakukan presentasi dengan diberikan penilaian serta masukan oleh Ibu Dewi Ratna. Pemenang dari ajang presentasi penelitian ini jatuh pada kelompok dua yang mengusung tema “Pengaruh Sistem Nilai Tukar terhadap Indikator Makroekonomi di Indonesia”. Training penelitian ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para peserta untuk menjadi peneliti ekonomi di masa mendatang. (Wulan)

No comments:

Post a Comment