22.12.10

Kanopi’s Event 2010: Kebersamaan dan Kekeluargaan di 11 Tahun Kanopi

Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia (Kanopi FEUI) baru saja merayakan hari jadinya yang ke-11 yang jatuh pada tanggal 20 November 2010 dengan menyelenggarakan perhelatan Kanopi’s Event 2010. Kali ini Kanopi’s Event mengangkat tema “Fusioning Past, Present, and Future”. Kanopi’s Event 2010 ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, antara lain kompetisi yang bersifat eksternal dan internal, gathering, serta institutional visit.

Kompetisi eksternal berlangsung pada hari Senin, 15 November 2010. Kegiatan ini terdiri dari kompetisi esai pemikiran kritis dan kompetisi debat ekonomi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA. Setelah melalui persaingan yang sengit akhirnya didapatkan Juara I Kompetisi Esai Pemikiran Kritis, yaitu Rangga Husnaprawira dari SMA Labschool Kebayoran. Sedangkan, gelar Juara I Kompetisi Debat Ekonomi diraih oleh tim dari SMAN 48 Jakarta, yang beranggotakan Irfan Teguh Prima, Sunti Yogi Utami, dan Revana Tri Damayanti.

Kompetisi internal Kanopi’s Event 2010 berlangsung pada tanggal 12-18 November 2010 dan diikuti oleh mahasiswa ilmu ekonomi dari angkatan 2010 sampai dengan angkatan 2006 ke atas. Salah satu kompetisi yang dipertandingkan adalah estafet yang tidak biasa terdiri dari berbagai perlombaan, mulai dari balap bakiak, balap karung, lomba memindahkan belut, dan lomba mencabut koin. Tak ketinggalan, kompetisi futsal antar angkatan juga turut digelar. Adapun kompetisi pamungkas yang paling ditunggu-tunggu adalah Battle of Karaoke Kanopi’s Event atau BOKKE yang tahun ini memasuki musim kedua. BOKKE yang bertempat di Ruang Kanopi ini, diliputi oleh antusiasme oleh tiap angkatan untuk menyaksikan jagoan karaoke mereka bernyanyi dan bergoyang mengikuti irama lagu.

Puncak kemeriahan perayaan hari ulang tahun Kanopi FEUI pada Kanopi’s Event 2010 ini jatuh pada hari Jumat, 19 November 2010 yang berlangsung sejak pukul 16.30 WIB. Sebelumnya, pada Jumat pagi telah diadakan Dialog Ekonomi Taman Makara (DIALEKTAMA) persembahan Divisi Kajian Kanopi FEUI dengan tema “Currency War” dan menghadirkan Prof. Miranda Goeltom sebagai pembicara.

Dengan bertempat di Aula Student Centre FEUI, puncak acara ulang tahun Kanopi FEUI pun diadakan. Acara yang turut dihadiri Ketua Program Studi S1 Ilmu Ekonomi, Riatu Qibthiyyah, Ph.D ini diawali dengan sambutan dari Project Officer Kanopi’s Event, Michelle Andrina dan sambutan dari Ketua Umum Kanopi FEUI 2010, Dara Andhika. Setelah itu, giliran tiap-tiap angkatan menunjukan kebolehannya dalam sesi performance angkatan. Meskipun tanpa persiapan yang matang, penampilan tiap angkatan ini tetap berlangsung meriah dan sangat menghibur.

Acara dilanjutkan dengan penganugerahan Kanopi’s Award dari bidang akademis dan non-akademis. Untuk kategori Peraih IPK Tertinggi angkatan 2007 diraih oleh Ruth Nijikuluw, angkatan 2008 diraih oleh Agustina, dan angkatan 2009 diraih oleh M. Syahreza. Selain itu, untuk bidang non-akademis, kategori kompetisi diraih Suhaimi Ibnu Hajar dan kategori penulis yang diraih oleh Putu Geniki L.N. Ibu Riatu Qibthiyyah, Ph.D sebagai perwakilan dari Departemen Ilmu Ekonomi turut hadir memberikan sertifikat dan memberi beberapa patah kata untuk para mahasiswa. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama dan pengumuman pemenang kompetisi internal Kanopi’s Event 2010. Untuk lomba estafet dimenangkan oleh angkatan 2010, lomba tarik tambang dimenangkan oleh angkatan 2009, kompetisi futsal putra diraih oleh angkatan 2007, dan futsal putri diraih oleh angkatan 2008. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video yang mengundang gelak tawa dari para hadirin. Tiup lilin secara simbolis oleh Ketua Umum Kanopi FEUI, Dara Andhika dan penarikan confetti, serta foto bersama pun menjadi penutup acara puncak Kanopi’s Event 2010.

Rangkaian kegiatan Kanopi’s Event 2010 belum usai, Rabu, 24 November 2010 kegiatan dilanjutkan dengan institutional visit ke Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Kegiatan ini mengusung tema “Grand Design Kebijakan Desentralisasi Fiskal Indonesia: Menciptakan Alokasi Sumber Daya Nasional yang Efisien melalui Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah yang Transparan, Akuntabel, dan Berkeadilan”. Pesertanya terdiri dari mahasiswa ilmu ekonomi FEUI dari setiap angkatan. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan dunia kerja yang akan dimasuki oleh mahasiswa setelah lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Di Kemenkeu, rombongan diberikan paparan mengenai profil Kemenkeu dan tema yang diusung. Rombongan juga diajak berkeliling ke Direktorat Dana Perimbangan, DJPK, dan dijelaskan secara lebih jauh mekanisme transfer dana perimbangan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Para peserta pun melontarkan pertanyaan dengan antusias. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama, setelah itu rombongan kembali menuju FEUI dengan membawa pengalaman yang tak terlupakan. (Putri)

No comments:

Post a Comment