21.11.11

9th Economix, Achieving AEC : The Great Economic Vision of South East Asia

ECONOMIX adalah sebuah ajang annual economic conference, competition dan international student gathering yang berkelanjutan, yang dapat menjadi wadah intelektualitas bagi mahasiswa Internasional, khususnya di wilayah Asia Tenggara.

Rangkaian acara Economix, yaitu : International Economic Conference diselenggarakan sebagai wadah transfer ilmu dan informasi bagi para peserta seminar dan terutama delegasi Economix. International Competition sebagai ajang bersaing secara sehat bagi mahasiswa internasional, yang mana hasil kompetisi dapat mencerminkan ide-ide baru untuk menyingkapi suatu issue ekonomi internasional. Lalu, International Gathering diadakan untuk mempererat hubungan antar negara dan membawa nama baik Indonesia di mata Internasional. Selanjutnya, International Discussion yang membahas issue perekonomian global terkini, yang nantinya akan menjadi sebuah output dari Economix bagi para stakeholder ekonomi.

Economix merupakan suatu acara yang diselenggarakan oleh sutu Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi, yang dikenal dengan KANOPI (Kajian Ekonomi Pembangunan Indonesia), Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Economix pada tahun 2011 ini akan diadakan untuk yang ke sembilan kalinya, yang akan dilaksanakan pada Senin hingga Jum’at tanggal 10 sampai 14 Oktober 2011, bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia serta wilayah Jakarta dan sekitarnya. Adapun tema yang diangkat pada 9th Economix adalah Achieving Asean Economic Community: The Great Economic Vision of South East Asia.

Competition of 9th Economix telah dimulai sejak tanggal 1 Juli sampai dengan 1 September 2011 nanti untuk tahap Call for Essay. Selanjutnya akan dipilih 20 essay terbaik se-ASEAN, untuk mengikuti babak semifinal di Fakultas Ekonomi UI. Setelah melalui babak semifinal yaitu Head to Head dengan juri, lima tim terbaik berhak melaju ke babak final yaitu menyelesaikan sebuah Case Study.

Seminar of 9th Economix yang bertemakan Promoting Investment to Narrow Down the Gaps of Economic Development in ASEAN, akan membahas bagaimana investasi menjadi suatu solusi untuk menyempitkan kesenjangan pembangunan di wilayah Asia Tenggara. Kegiatan seminar ini akan menghadirkan ekonom, peneliti, dan praktisi yang handal dibidangnya sebagi pembicara. Selanjutnya diadakan Discussion of 9th Economix, yang mana delegasi akan mendiskusikan permasalahan pada penerapan Asean Economic Community, berdasarkan pengetahuan yang mereka dapatkan dari kegiatan Seminar. Selain acara yang serius, 9th Economix juga menghadirkan acara menarik berupa International Gathering, yang terdiri dari Technical Meeting, Opening Ceremony, Tour UI, Cultural Night, Company Visit, dan Explore Jakarta, demi membangun keakraban antar delegasi dari negara-negara ASEAN.

Peserta 9th Economix terdiri dari delegates of competition dan delegates of conference. Delegates of competition adalah delegasi yang membentuk suatu tim yang terdiri dari dua orang, yang kemudian mengirimkan essaynya untuk diseleksi. Sedangkan of conference adalah delegasi yang tidak ingin mengikuti kompetisi tetapi tetap ingin mengikuti rangkain acara Economix. The Big five yang lolos kompetisi 9th Economix berasal dari National University of Singapore, University of De La Salle, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, STT Telkom. Inilah para pemenang kompetisi 9th Economix, yang diumumkan pada Closing Ceremony acara 9th Economix diadakan di Balai Agung DKI Jakarta : 1st Winner 9th Economix diraih oleh National University of Singapore, 1st Runner Up diraih oleh Universitas Gajah Mada, dan 2nd Runner Up diraih oleh STT Telkom. Mereka semua berhasil merebut total hadiah sebesar 2000 USD. Sampai jumpa di 10th Economix!

No comments:

Post a Comment