18.11.10

IE-LECTION Update: Pendaftaran Kandidat IE-LECTION Resmi Dibuka

IE-LECTION 2010 secara resmi telah membuka pendaftaran mahasiswa IE yang ingin mencalonkan diri menjadi Ketua Umum Kanopi FEUI 2011. Pengumuman ini telah resmi dipasang di mading eksternal Kanopi FEUI oleh Divisi PSDM Kanopi FEUI yang bertindak sebagai komite penyelenggara IE-LECTION 2010. Pendaftaran dibuka sampai 29 November 2010.
Selama masa pendaftaran, para kandidat yang mendaftar diwajibkan menyerahkan persyaratan-persyaratan, meliputi: formulir pendaftaran; biodata pribadi / CV; surat pernyataan tidak lulus dalam satu periode berikutnya; visi, misi, dan program kerja unggulan; esai maksimal lima halaman dengan tema “ Visi Perekonomian Indonesia 2011”; esai satu halaman dengan tema “My Future Kanopi” yang menjelaskan secara singkat mengenai visi, misi, dan program kerja ke depan; lembar dukungan (yang terdiri dari 20 orang anggota Kanopi FEUI angkatan 2007, 20 orang anggota Kanopi FEUI angkatan 2008, 20 orang anggota Kanopi FEUI angkatan 2009, 20 orang anggota Kanopi FEUI angkatan 2010). Seluruh essai ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12, spasi 1.5, margin atas 1 cm, bawah 1 cm, kiri 1 cm, dan kanan 1 cm. Seluruh persyaratan tersebut dijilid menggunakan lakban hitam biasa sesuai urutan, rangkap tiga (fotokopi) dan satu asli. Setiap kandidat juga diharuskan mengumpulkan uang jaminan sebesar Rp.100.000,00 kepada panitia yang akan dikembalikan secara utuh apabila kandidat tidak melakukan pelanggaran.
Setelah resmi mendaftar, setiap kandidat harus mengikuti seleksi pemilihan calon Ketua Umum Kanopi FEUI sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, meliputi: seleksi persyaratan tertulis dan penandatanganan MOU; kampanye lisan dan tulisan; debat dan cerdas tanggap; pemungutan suara; dan, serah terima jabatan kepada kandidat terpilih.
Sejumlah nama hampir dipastikan akan turut meramaikan bursa pencalonan Ketua Umum Kanopi FEUI periode 2011. Beberapa nama yang tak asing, seperti Dandy Rafitrandi (EIE08) dan Minda Putri Dwinanda (EIE08), disebut-sebut akan bersaing ketat untuk memperebutkan tampuk kepemimpinan tertinggi di badan semi otonom yang menaungi mahasiswa S1 Ilmu Ekonomi FEUI. Adapun, Budiono (EIE08), yang sempat santer diisukan akan maju mencalonkan diri menjadi Ketua Umum Kanopi FEUI, dengan tegas membantah mengenai isu pencalonan dirinya tersebut. Walaupun demikian, sistem penjaringan kandidat yang bersifat terbuka masih memungkinkan calon-calon alternatif untuk muncul ke permukaan. Calon-calon alternatif itu di antaranya adalah Selly Galvani (EIE08) dan Nur Indah Widyaningrum (EIE08). Para calon alternatif tersebut diyakini akan memberikan nuansa baru dalam organisasi Kanopi FEUI.
Meskipun sejumlah nama bakal calon Ketua Umum Kanopi FEUI 2011 telah marak beredar dan diperbincangkan khalayak IE, masih belum ada bakal calon yang terang-terangan mendeklarasikan diri. Hal ini bisa jadi karena kurangnya rasa percaya diri mereka. Sebagian dari mereka masih dalam tahap berpikir dan memastikan dukungan yang diperolehnya nanti apabila benar-benar maju menjadi peserta IE-LECTION 2010. Selain itu, mereka juga harus membawa visi dan misi yang jelas dan menentukan "mau dibawa ke mana" organisasi ini satu tahun ke depan.
Bisa dikatakan kepastian siapakah yang akan menjadi kandidat Ketua Umum Kanopi FEUI 2011 hanya masalah waktu. Cepat atau lambat calon-calon pasti akan bermunculan dan memasuki persaingan sempurna untuk memenangkan suara seluruh warga IE. Siapakah calon yang mampu memberikan utilitas tertinggi bagi para mahasiswa IE? Siapakah calon yang mampu mempengaruhi preferensi para mahasiswa IE? Kita tunggu saja di IE-LECTION 2010!

No comments:

Post a Comment