8.12.10

4th Annual Conference of Economics Forum 2010: UI Raih Juara II

Mahasiswa UI memang tidak miskin prestasi, terbukti baru-baru ini mahasiswa dari Departemen Ilmu Ekonomi, FEUI kembali mengantongi gelar juara dari ajang kompetisi karya tulis berskala nasional. Mereka adalah Budiono, Doris Martugiana Simarmata, dan Yusuf Sofiyandi (FE/Ilmu Ekonomi/2008) yang dianugerahi gelar Juara II LKTI 4th Annual Conference of Economics Forum (ALCOFE) 2010 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS). Kegiatan ini berlangsung di Solo selama tiga hari (26-28 November 2010) dan diikuti delegasi-delegasi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
LKTI 4th ALCOFE 2010  yang bertemakan "Environmentally-Based Economy: Role of Government, Corporates, and Banking Sector" ini terdiri dari beberapa tahapan kompetisi. Pada tahap awal, seluruh karya tulis yang diterima panitia diseleksi untuk menentukan tim-tim terbaik yang berhak menjadi finalis. Setelah itu, tujuh tim terbaik lolos seleksi administratif dan diwajibkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan 4th ALCOFE 2010. Dari Universitas Indonesia, terpilih dua tim yang melaju ke babak final, yaitu Tim UI 1 (Budiono, Doris Martugiana Simarmata, Yusuf Sofiyandi Simbolon) dengan karya tulis berjudul “Pengembangan Sektor Energi Terbarukan: Potensi, Hambatan, dan Strategi Pembiayaan yang Dibutuhkan untuk Merealisasikannya” dan Tim UI 2 (Paramagarjito Budi Irtanto, Widiani Putri) dengan karya tulis berjudul “Peran Pemerintah serta Partisipasi Sektor Pertambangan dalam Pembangunan Ekonomi yang Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan”, sedangkan tim lainnya berasal dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya. Pada tahap selanjutnya, para finalis memasuki babak final. Di babak ini, para finalis diminta untuk mempresentasikan karya tulis mereka di hadapan dewan juri yang terdiri dari perwakilan Bank Indonesia, jurnalis, dan dosen yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sebagai kegiatan tambahan, para finalis diminta untuk mengemukakan pendapat mereka dalam sebuah FGD tentang isu ekonomi lingkungan. Finalis terbaik dalam FGD ini akan dianugerahi gelar "Best Environmental Idea".
Keesokan harinya, nama-nama pemenang LKTI diumumkan usai gelaran seminar 4th ALCOFE 2010 yang bertajuk "Environmentally-Based Economy : Role of Government, Corporates, and Banking Sector". Walau sempat pesimis, Tim UI 1 akhirnya bisa bernafas lega karena berhasil meraih gelar juara. Secara khusus, mereka mempersembahkan kemenangan ini kepada orang tua, almamater tercinta Universitas Indonesia, serta semua pihak yang sudah mendukung dan mendoakan. Sementara itu, Juara I dan III dimenangkan oleh Tim Unair 1 (Danar Puspitaningrum, Rachma Bhakti Utami, Fitri Fulasari) dan Tim Unair 2 (M. Fajar Rakhmadi, Widya Kartika) dan gelar “Best Team of Environment Idea ALCOFE 2010” dianugerahkan kepada Adi Mulia Pradana dari UGM.

No comments:

Post a Comment