22.12.10

Economic Research Dissemination: Menghidupkan Atmosfir Penelitian di Kalangan Mahasiswa

Di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, kampus tempat calon-calon ekonom masa depan dididik, perlu ditumbuhkan budaya penelitian agar mahasiswa tertarik untuk meneliti fenomena-fenomena ekonomi yang terus bergulir silih berganti. Dengan mengusung tema Promoting Economic Research to Student, Kanopi FEUI menyelenggarakan Economic Research Dissemination (ERD) sebagai sarana untuk dapat menghidupkan semangat dan rasa ingin tahu mahasiswa untuk melakukan penelitian.

ERD dapat terlaksana berkat kerja keras Divisi Penelitian Kanopi FEUI sebagai pemrakarsa kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan Senin, 15 November 2010, dari pukul 9.00 hingga pukul 16.00 bertempat di Aula Student Centre FEUI dan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama diisi oleh Ascarya, Ph.D, Senior Researcher Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan Bank Indonesia. Adapun tema materi yang dibawakan adalah “Lesson Learned from Repeated Financial Crisis: an Islamic Economic Perspective”. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi kedua oleh Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, Guru Besar FEUI. Tema yang diangkat pada sesi dua ini adalah “Aglomerasi Industri”. Setelah rehat makan siang dan salat zuhur, ERD dilanjutkan dengan sesi ketiga. Dr.Sonny Harry B. Harnadi, Kepala LD, selaku pembicara pada sesi ketiga ini membawakan tema “Membangun Ide Penelitian yang Berkualitas”. Sesi keempat, sesi terakhir pada ERD ini diisi oleh Elda Pardede.

ERD telah berhasil menjaring banyak peserta. Peserta mendapatkan snack gratis, seminar kit, handout, dan disediakan pula doorprize berupa flash disk untuk dua orang peserta yang beruntung. Adapun, harapan atas dilaksanakannya ERD ini adalah mahasiswa FEUI memiliki perhatian lebih terhadap penelitian karena penelitian itu adalah bagian penting dari pengembangan ilmu ekonomi itu sendiri. (Wulan)

No comments:

Post a Comment